Serasa di Pantai Bali, Padahal di Sumatera Utara

Serdang Bedagai – Di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) di Provinsi Sumatera Utara, terdapat pantai yang punya nuansa ala Bali. Namanya Pantai Bali Lestari, tapi tidak di Bali.

Pantai ini berada di Desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin.

Sesuai namanya, saat menapakkan kaki di pantai ini, kamu akan merasakan sensasi liburan pantai ala pulau dewata Bali. Itu ditunjukkan dari beberapa tanda-tanda ikonik khas Bali. Seperti beberapa batang pohon ditutup dengan kain poleng, yakni kain yang bermotif kotak-kotak hitam putih.

Di pintu masuk gapura utama, traveler akan disambut dengan bangunan berbentuk gapura bernama angkul-angkul dan sering dijumpai pada rumah adat Bali.

Belum selesai, beberapa patung ikonik masyarakat Bali juga hadir mengisi ruang diantara pasir pantai. Banyak pengunjung menjadikan benda-benda ini sebagai spot unik untuk berfoto mengabadikan momen liburan keluarga mereka.

Suri Kartika, pengunjung asal Kisaran, Asahan kepada detikSumut, Minggu (4/2/2024) mengatakan dirinya bersama keluarga sengaja memilih Pantai Bali Lestari sebagai tujuan liburan akhir pekan karena konsep pantainya yang unik.

“Kalau di kawasan Pantai Cermin ini kan ada beberapa pilihan pantai. Kita pilih ke sini karena konsep pantainya unik ada nuansa seperti di Bali. Mungkin ini berbeda dengan pantai-pantai yang ada sebelumnya,” kata dia.

Selain alasan keunikan pengalaman nuansa Bali, banyak wisatawan mengaku datang ke sini karena kondisi pasir pantainya yang bersih dibandingkan tempat lain.

“Tempatnya ya saya pikir lebih bersih. Pengelolaannya cukup baik,” kata dia.

Kondisi itu membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati suasana deruan angina bercampur suasana gemuruh gelombang ombak dari pinggir pantai.

Selain itu di lokasi, pengunjung yang malas bermain air pantai bisa duduk-duduk santai di seafood resto yang ada. Untuk harga makanan dan minumannya bisa terbilang cukup terjangkau.

Jika datang dari Kota Medan, Pantai Bali Lestari bisa ditempuh dengan perjalanan darat sejauh 55 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit melewati jalan tol MKT.

Pengelola objek wisata Pantai Bali Lestari mengenakan retribusi masuk yakni Rp 10.000 per orang, dan biaya parkir kenderaan Rp 10 Ribu untuk mobil Rp 5 Ribu untuk sepeda motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*