Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan hingga Timpa Hotel di Ubud

Gianyar – Hujan deras disertai angin kencang hingga mengakibatkan pohon tumbang kembali terjadi di wilayah Kabupaten Gianyar, Bali. Bahkan, pohon tumbang juga menutup akses jalan di kawasan Ubud dan menimpa bangunan Hotel Tjampuhan Ubud, Sabtu (10/1/2024) sore.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar Ida Bagus Putu Suamba mengaku telah menerima beberapa laporan pohon tumbang di kawasan wisata itu. Ia langsung mengerahkan tim reaksi cepat (TRC) BPBD Gianyar ke lokasi kejadian.

“Di kawasan wisata Monkey Forest, Hotel Tjampuhan tertimpa pohon yang melintang di tengah jalan. Penanganan baru selesai sekitar pukul 20.00 Wita dan dilanjutkan ke penanganan lain,” kata Suamba saat dikonfirmasi detikBali, Sabtu malam.

Suamba belum menghitung kerugian materiel akibat kejadian tersebut. Ia memastikan tidak ada korban luka-luka maupun jiwa akibat peristiwa ini.

BPBD Gianyar juga menerima laporan pohon tumbang yang terjadi di wilayah Sayan, Ubud. Suamba mengungkapkan pohon melintang di tengah jalan hingga menutup akses lalu lintas di wilayah tersebut.

“Pohon tumbang akibat akar lapuk dan persis ada di samping trotoar,” imbuhnya.

Pohon tumbang juga terjadi di kawasan Jalan Raya Udayana, Blahbatuh, Gianyar, sekitar pukul 17.45 Wita. Menurut Suamba, lalu lintas di ruas jalan tersebut sempat tersendat. Namun, pohon tumbang itu telah dievakuasi oleh petugas Polsek Sukawati bersama warga setempat.

Personel TRC BPBD Ginyar, Suamba melanjutkan, kembali akan membersihkan sisa pohon yang belum selesai ditangani pada Minggu (11/2/2024). “Penerangan di lokasi kurang (memadai). Rawan juga karena ada kabel listrik terkelupas dan saat ini kawasan Ubud masih diguyur hujan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*