Bos Wagner Prigozhin Akhirnya Muncul, Ungkap Misi Berikutnya

Bos Wagner Prigozhin Akhirnya Muncul, Ungkap Misi Berikutnya

Kepala tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin meninggalkan markas Distrik Militer Selatan di tengah penarikan kelompok itu dari kota Rostov-on-Don, Rusia, 24 Juni 2023. (REUTERS/Alexander Ermochenko)

Kepala kelompok tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin, mengunggah pidato video pertamanya sejak memimpin pemberontakan singkat pada akhir Juni. Video yang diduga diambil di Afrika itu dibagikan melalui saluran Telegram yang berafiliasi dengan kelompok tersebut.

Dilansir Reuters, Selasa (22/8/2023), Prigozhin terlihat berdiri di kawasan gurun dengan kamuflase dan membawa senapan di tangannya. Di kejauhan, ada lebih banyak pria bersenjata dan sebuah truk pickup.

Reuters tidak dapat melakukan https://bet88jp.online/ geolokasi atau memverifikasi tanggal video tersebut, namun komentar Prigozhin dan beberapa unggahan di saluran pro-Wagner menunjukkan bahwa video tersebut difilmkan di Afrika.

“Suhunya 50 (derajat) lebih, apapun yang kita suka. PMC Wagner menjadikan Rusia lebih besar di semua benua, dan Afrika lebih bebas. Keadilan dan kebahagiaan bagi masyarakat Afrika, kami membuat hidup menjadi mimpi buruk bagi ISIS dan Al-Qaeda dan bandit lainnya,” kata Prigozhin.

Dia kemudian mengatakan Wagner sedang merekrut orang-orang dan kelompoknya “akan memenuhi tugas yang telah ditetapkan”.

Video tersebut disertai dengan nomor telepon bagi yang ingin bergabung dalam grup tersebut.

Adapun, masa depan Wagner dan Prigozhin menjadi tidak jelas sejak dia memimpin pemberontakan singkat melawan lembaga pertahanan Rusia pada akhir Juni dan Kremlin mengatakan dia dan beberapa pejuangnya, yang telah bertempur dalam beberapa pertempuran paling sengit dalam perang Ukraina, akan meninggalkan negara tersebut ke Belarusia.

Sejak pemberontakan tersebut, beberapa pejuang Wagner telah pindah ke Belarusia dan mulai melatih tentara di sana.

Dalam komentar yang dipublikasikan pada akhir Juli, Prigozhin juga mengatakan Wagner siap untuk lebih meningkatkan kehadirannya di Afrika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*